Sabtu, 17 Maret 2018

Survei Stack Overflow 2018: Dimana Posisi Dunia Android?

Sudah kenal Stack Overflow (SO), kan? Menurut penulis, SO adalah "media sosial"nya programmer. Para programmer di seluruh dunia bisa berbagi ilmu, bertanya, menjawab pertanyaan, mendapat status sosial, bahkan mencari pekerjaan di SO. Setiap tahun, SO mengadakan survei yang diumumkan hasilnya ke semua programmer yang mengunjungi situsnya. Tahun ini adalah tahun ke-8 SO mengadakan survei, melibatkan lebih dari 100.000 programmer dari seluruh dunia. Kali ini pintar-android.com akan mencoba menganalisis, bagaimana posisi dunia pemrograman android, dilihat dari hasil survei SO?

Hasil surveinya di link ini: https://insights.stackoverflow.com/survey/2018/ . Data pertama mengenai tipe programmer. Ternyata programmer mobile porsinya mencapai 20,4% dari keseluruhan, ada di urutan ke-4 setelah backend, full-stack & front-end developer dari 20 tipe programmer. Artinya bekerja di dunia mobile termasuk yang paling diminati oleh para programmer. "Programmer mobile" di sini belum tentu programmer android. Bisa saja programmer ios, symbian, atau perangkat mobile lainnya.

Berikut ini grafiknya dari SO. Klik di gambar untuk memperbesar.


Berikutnya bagian survei yang relevan dengan android, adalah berapa tahun pengalaman koding sebagai profesional (dibayar), dilihat dari tipe programmer. Dari seluruh responden, programmer mobile rata-rata punya pengalaman 5,2 tahun bekerja profesional. Urutan ke-2 dari belakang, dari 16 posisi programmer yang ditampilkan datanya. Artinya programmer mobile adalah profesi yang biasanya dipunyai orang2 yang lebih muda, dibandingkan dengan profesi2 lainnya di dunia pemrograman.
Kemudian kita melihat bahasa pemrograman yang dipakai semua programmer. Berapa persen bahasa pemrograman yang berhubungan dengan android? Kita bisa melihat Java sebanyak 45,3% dan Kotlin sebanyak 4.5%, belum termasuk yang membuat aplikasi android menggunakan platform hybrid, yang tidak kelihatan di hasil survei bagian ini.

Selanjutnya kita lihat framework, library, dan tools yang dipakai programmer. Hasil survei menampilkan beberapa tools yang bisa dipakai oleh programmer android, mencakup persentase yang cukup besar: Angular 36,9%, React 27,8%, .NET Core 27,2%, Cordova 8,5% dan Xamarin 7,4%.


Bagian survei berikutnya menampilkan data platform yang digarap oleh para programmer. Kita bisa melihat, para programmer yang bekerja untuk platform android ada 29%.



Selanjutnya kita bisa cek, berapa persen programmer yang suka koding dengan Java dan Kotlin, 2 bahasa pemrograman yang paling sering dipakai oleh programmer android. Hasilnya, ada 50,7% yang suka koding dengan Java dan 75,1% yang suka koding dengan Kotlin. "Suka" di sini artinya, mereka sekarang sedang koding dengan bahasa tersebut dan masih ingin terus koding dengan bahasa tersebut.


Masih berhubungan dengan bagian survey sebelumnya, kali ini kita cek, berapa persen programmer yang "takut" koding dengan Java & Kotlin. Hasilnya, 49,3% takut koding dengan Java dan belum ada yang takut koding dengan Kotlin. "Takut" di sini artinya, mereka sekarang sedang koding dengan bahasa pemrograman tersebut, tapi tidak mau terus koding dengan bahasa tersebut. Perlu diingat, bahasa Java bukan hanya dipakai oleh programmer android, tapi bisa dipakai juga oleh programmer desktop, backend, atau tipe programmer lainnya.


Masih di bagian survei yang sama, berapa persen programmer ingin belajar Java dan Kotlin? Jawabnya, Java 10,5% (6 besar) dan Kotlin 12,4% (4 besar). "Ingin belajar" artinya mereka sedang tidak menggunakan bahasa pemrograman tersebut, tapi ingin menggunakannya untuk koding di masa depan.
Sekarang kita cek, berapa persen programmer yang suka bekerja untuk platform android? Hasil survey menunjukkan 63,8% suka bekerja untuk platform android. Ini berarti urutan 13 dari 25 platform.


Apakah platform android termasuk ditakuti oleh programmer? Sebanyak 36,2% programmer takut untuk terus bekerja untuk platform android. Platform android jadi platform ke-17 yang ditakuti programmer, dari 25 platform yang ditampilkan di survei.
Tapi jangan ikut2an takut dulu.. he3.. . Kita lihat, platform apa yang paling ingin dipelajari oleh programmer yang saat ini bekerja untuk platform lain? Ternyata platform android, teman2 :D. Sebanyak 16% programmer menginginkan bekerja di platform android. Posisi pertama dari 25 platform yang ditampilkan di hasil survei.


Terakhir, kita lihat IDE apa yang paling banyak dipakai oleh programmer mobile, termasuk programmer android. Ternyata Android Studio saat ini menjadi IDE yang paling banyak dipakai, yaitu sebesar 56,6%, ada di urutan pertama dari 22 IDE yang ditampilkan di hasil survei. Oh ya, Eclipse masih dipakai 20,7% programmer mobile, di urutan ke-8.


Demikian artikel mengenai survei SO 2018, dan hubungannya dengan dunia android, semoga bermanfaat. Like page pintar-android.com di FB untuk mendapatkan artikel2 yang pastinya berguna di dunia pemrograman khususnya android. 
Tersedia buku-buku untuk belajar pemrograman Android menggunakan Android Studio 3.0.1.
buku kedua, membuat recyclerview yang menampilkan gambar2 dari internet menggunakan json: https://play.google.com/store/books/details?id=b-boDAAAQBAJ . Buku fisik di https://www.tokopedia.com/buku-meidika/koding-android-untuk-pemula-buku-2
buku registrasi user, membuat fitur login & register: https://play.google.com/store/books/details?id=FHMqDwAAQBAJ
kalau sudah beli, bisa dilihat di hape pake app google books, bisa dilihat di browser (misal chrome) di books.google.com -> My Library .
Tersedia juga DVD Android Studio 3.0.1 di tokopedia: 
https://www.tokopedia.com/buku-meidika/dvd-android-studio-3-0-jdk-32-bit-64-bit



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Cara Bayar Akun Google Play Console?

Artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara membayar akun Google Play Console. Programmer android yang ingin aplikasinya didownlo...